Sabtu, 16 Juni 2012

Analisis Jeda Berita

BERITA 1
Siaran TV            : Trans 7           
Program Acara    : Reportase Pagi 
Pembawa Acara  : Rully Kurniawan & Lia kornelia
Hari / Tgl             : Minggu / 15 November 2009
Pukul                   : 06.00 WITA


Penjedaan Berita
Konser musik di Bandung Jawa Barat/menyibukkan anggota kepolisian//Satu per satu penonton yang dituding bikin onar/diamankan/keluar arena konser//Setelah itu polisi juga sibuk mengevakuasi penonton yang pingsan/di tengah lautan massa/penikmat konser musik//
Analisis Penjedaan
1. Konser musik di Bandung Jawa Barat/menyibukkan anggota kepolisian//
    Dilihat dari segi bahasa, jeda pada kalimat pertama ini adalah berfungsi untuk memisahakan antara frase pertama dengan frase kedua yang dalam penulisannya menggunakan tanda koma yang berfungsi untuk mengapit keterangan tambahan dan keterangan aposisi. Yang mana jika dipisahkan akan membentuk dua frase sebagai berikut :
a) Konser musik di Bandung Jawa Barat
b) Konser itu menyibukkan anggota kepolisian

     Oleh karena itu, pada tuturan kalimat tersebut diberikan jeda di antara keduanya oleh penutur agar dapat membentuk makna yang bisa dimengerti oleh penyimak.
Selain itu, dilihat dari tujuan/maksudnya, penjedaan yang diberikan oleh penutur tersebut bertujuan memberikan pemahaman/keterangan makna dari isi kalimat tersebut bahwa konser yang diadakan di Bandung Jawa Barat itu membuat anggota kepolisian menjadi sibuk. Sibuk dalam hal apa? Pastinya tidak lepas dengan tuturan-tuturan selanjutnya yang akan memberikan penjelasan tentang hal itu. Kalimat-kalimat tuturan yang dimaksud terdapat pada konteks kalimat penjedaan di atas tadi yang akan saya jelaskan selanjutnya nanti. Sehingga jelas bahwa jeda tersebut memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman makna pada penyimak. Atau dengan kata lain, bertujuan mempermudah penyimak memahami maksud kalimat tersebut.

2) Satu per satu penonton yang dituding bikin onar/diamankan/keluar dari arena konser//   
      Penjedaan pada kalimat ini berfungsi sebagai penekanan kata (intonasi kata) untuk memberikan makna kalimat yang jelas bagi penyimak. Hal ini berhubungan dengan memahami unsur segmental dan unsur supra segmental pada sebuah kalimat. Sehingga makna kalimat tersebut tidak menjadi rancu dan dapat dimengerti oleh penyimak, yaitu satu per satu penonton yang dianggap membuat onar diamankan dan dikeluarakan dari arena konser.
     Karena jika penjedaan itu diletakkan seperti ini, satu per satu penonton yang dituding bikin/onar diamankan/keluar dari arena konser// maka maknanya akan berubah yaitu satu per satu penonton yang dituding oleh bikin membuat onar dikeluarkan dari arena konser.

3. Setelah itu polisi juga sibuk mengevekuasi penonton yang pingsan/di tengah lautan massa/penikmat konser musik//
     Penjedaan pada kalimat ketiga ini tidak bebeda jauh dengan yang ada pada kalimat kedua, yaitu berfungsi membedakan nada bicara, tekanan dan intonasi kalimat yang diucapkan oleh penutur. Sehingga memberikan makna yang dapat dimengerti oleh penyimak.



BERITA 2

Siaran TV            : TRANS 7
Program Acara    : Reportase Sore
Pembawa Acara  : Rully Kurniawan
Hari / Tgl             : Senin/16 November 2009
Pukul                    : 18.00 WITA



Penjedaan Berita
Setelah melakukan kunjungan kerja ke Malaysia/dan menghadiri KTT APEC di Singapura/presiden Yudhoyono bersama rombongan sekitar pukul 12.00 siang tadi/ mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma//Presiden kemudian langsung melakukan rapat tertutup dengan tiga MENKO/yakni MENKOPOLHUKAM Joko Suyanto/MENKO PEREKONOMIAN Hatta Radjarsa/dan MENKO KESRA Agung Laksono//Sementara soal rekomendasi Tim Independen Verifikasi Fakta dan Hukum untuk Bibit dan Candra/atau Tim Delapan/Presiden baru akan menerimanya besok pagi di Istana//

Analisis Penjedaan
1.  Setelah melakukan kunjungan kerja ke Malaysia/dan menghadiri KTT APEC di Singapura/presiden Yudhoyono bersama rombongan sekitar pukul 12.00 siang tadi/mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma//
      Penjedaan pada kalimat tersebut dilihat dari segi bahasa berfungsi memisahkan beberapa kalimat yang telah dibentuk menjadi satu kalimat sehingga menjadi satu kalimat yang runtut dan dapat dimengerti oleh penyimak dan memiliki keterkaitan satu sama lain. Hal itu dapat dijelaskan sebagai berikut yang juga sudah mencakup fungsi jeda memberikan pemahaman makna kalimat dari penutur bagi penyimak.
a)Jeda pada kalimat Setelah melakukan kunjungan keja ke Malaysia/dan menghadiri KTT APEC di Singapura/ menunjukkan makna bahwa setelah melakukan kunjungan kerja di Malaysia presiden juga menghadiri KTT APEC di Singapura.
b)Jeda pada kalimat, ….dan menghadiri KTT APEC di Singapura/presiden Yudhoyono bersama rombongan sekitar pukul 12.00 siang tadi/mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma//, menunjukkan makna bahwa setelah menghadiri KTT APEC presiden dan rombongan kemudian mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 12.00 siang. Jeda setelah kata tadi menunjukkan waktu terjadinya yaitu siang sebelum berita itu dihimpun oleh tim redaksi dan kemudian dibacakan oleh penutur dalam hal ini pembawa acara.

2. Presiden kemudian langsung melakukan rapat tertutup dengan tiga MENKO/yakni MENKOPOLHUKAM Joko Suyanto/MENKO PEREKONOMIAN Hatta Radjarsa/dan MENKO KESRA Agung Laksono//
     Dilihat dari segi bahasa, penjedaan yang dilakukan oleh penutur pada kalimat ini berfungsi menggantikan tanda koma yang dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian. Sehingga penyimak bisa memahami maksud dari penutur untuk menjelaskan siapa-siapa saja yang mengikuti rapat tertutup tersebut.

3. Sementara soal rekomendasi Tim Independen Verifikasi Fakta dan Hukum untuk Bibit dan Candra/atau Tim Delapan/Presiden baru akan menerimanya besok pagi di Istana//

     Penjedaan pada kalimat ini menunjukkan nada bicara, tekanan dan intonasi kalimat penutur sehingga penyimak mudah memahami maksud dari penutur. Hal ini berhubungan dengan unsur segmental dan supra segmental kalimat. Karena jika penjedaan penutur tersebut tidak seperti itu maka akan menimbulkan pemahaman makna yang rancu bagi penyimak. Atau dengan kata lain maknanya akan berubah. Contohnya, Sementara soal rekomendasi Tim Independen Verifikasi Fakta dan Hukum/untuk Bibit dan Candra atau Tim Delapan/Presiden baru akan menerimanya besok pagi di Istana//
    Maka makna yang sebelumnya adalah rekomendasi Tim Verifikasi Fakta dan Hukum untuk Bibit dan Candra yang juga disebut Tim Delapan yang akan diterima presiden besok paginnya, berubah menjadi rekomendasi Tim Verifikasi Fakta dan Hukum, menurut Bibit dan Candra atau tim Delapan, baru akan diterima Presiden pada besok paginya.



BERITA 3
Stasiun TV           : SCTV
Program Acara     : Liputan 6 Siang
Pembawa Acara   : Nova Rini
Hari / Tgl              : Selasa, 17 November 2009
Pukul                    : 12.00 WITA


Penjedaan Berita
Saudara/pemadaman listrik yang belakangan sering terjadi ternyata juga menjadi perhatian dari Presiden SBY//Dan siang ini/Presiden melakukan rapat terbatas bersama sejumlah menteri/dan direktur PLN/serta Gubernur DKI Jakarta//
Analisis Penjedaan
1.  Saudara/pemadaman listrik yang belakangan sering terjadi/ternyata juga menjadi perhatian dari Presiden SBY//.
      Penjedaan setelah kata saudara dimaksudkan oleh penutur untuk menyapa penyimak berita. Dari segi bahasa jeda tersebut berfungsi menggantikan tanda koma setelah kata sapaan. Kemudian penjedaan yang terdapat setelah kata terjadi adalah merupakan intonasi atau tekanan suara dari penutur yang merupakan perbedaan  panjang pendek dan tinggi rendah suara penutur. Sehingga penyimak mudah memahami maksud dari kalimat tuturan si penutur.

2.  Dan siang ini Presiden melakukan rapat terbatas bersama sejumlah menteri/dan direktur PLN/serta Gubernur DKI Jakarta//
      Penjedaan pada kalimat ini berfungsi untuk menunjukkan maksud/tujuan si penutur pada penyimak. Yaitu memberikan keterangan atau pemahaman makna bagi penyimak bahwa ada sejumlah orang yang mengikuti rapat terbatas bersama dengan Presiden. Dan jeda setelah kata ini menunjukkan waktu yang dimaksudkan oleh penutur yaitu siang hari itu juga sehingga penyimak mengetahui kapan waktu rapat tersebut dilaksanakan.


BERITA 4
Siaran TV             : ANTV
Program Acara     : Topik Petang
Pembawa Acara    : Vina Virginia
Hari/Tgl                : Senin/16 November 2009
Jam                       : 06.00 WITA


Penjedaan berita
Tim Delapan masih terus bersikukuh/atau bersikeras/tidak akan mengungkapkan isi dari rekomendasi/sebelum menyerahkannya kepada Presiden/karena di anggap tidak etis.
Analisis Penjedaan

Penjedahan pada kalimat ini adalah berfungsi menunjukkan nada bicara, tekanan, dan intonasi kalimat si penutur. Sehingga penyimak bisa memahami maksud dari si penutur. Contohnya, penutur menekankan bahwa ada keinginan yang sangat keras dari Tim Delapan. Hal itu ditunjukkan pada jeda setelah kata bersikukuh dan bersikeras.


BERITA 5
Stasiun TV           : TRANS 7
Program Acara    : Reportase Malam
Pembawa Acara  : Lia Kornelia
Hari/Tgl               : senin/16 November 2009
Jam                      : 21.00 WITA



Penjedaan Berita
Pemirsa/Ratusan aparat yang tergabung dalam tim Pengamanan Konflik Ngawi-Rende/tadi siang/membongkar paksa pemblokiran jalan di antara kedua desa tersebut//

Analisis Penjedaan
Penjedaan setelah kata pemirsa dimaksudkan oleh penutur untuk menyapa penyimak. Jeda disini berfungsi menggantikan tanda koma setelah kata sapaan. Kemudian jeda setelah kata Ngawi-Rende adalah menunjukkan tempat terjadinya peristiwa, Begitupun setelah kata siang tadi adalah menunjukkan waktu terjadinya peristiwa. Sehingga penyimak bisa memahami maknadan maksud penutur. Dalam hal ini adalah pembawa acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar